LAPORAN PENELITIAN
“Keripik
Pisang”

Nama
: Mochammad Erlangga
NPM :
14111537
Kelas
: 3KA07
Dosen:
Sangsang Sangabakti
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang
Kondisi ekonomi di jaman sekarang sedang dalam keadaan krisis ekonomi,
krisis ekonomi yang sedang terjadi pada saat ini sangat berpengaruh pada segi
kehidupan ekonomi masyarakat, sehingga masyarakat sangat kesulitan dalam
memenuhi kebutuhan hidupnya, sehingga mengakibatkan rendahnya kehidupan ekonomi
masyarakat dan itu sangat memprihatinkan. Selain itu dimana produksi perusahaan
- perusahaan besar pun ikut menurun, banyak pula perusahaan - perusahaan yang
berhenti berproduksi karena perusahaan tersebut juga tidak bisa lagi
memproduksi dalam jumlah besar dan perusahaan banyak yang mengalami gulung
tikar / kebangkrutan sehingga mengakibatkan penghentian karyawan - karyawan /
yang lazim disebut phk (pemutusan hubungan kerja) sehingga menambah angka
pengangguran dimana - mana semakin banyak dan khususnya di daerah saya sendiri
karena sulitnya untuk mencari pekerjaan lagi.
Mengingat pentingnya perubahan ekonomi masyarakat di jaman sekarang ini,
maka masyaraka di tuntut agar lebih semangat dan berusaha lagi untuk mencapai
suatu pekerjaan dan mengalami perubahan yang lebih baik demi memenuhi kehidupan
sendiri, keluarga, maupun untuk membantu orang lain yang mengalami kesusahan.
Bukan hanya faktor tersebut saja melainkan juga masyarakat sekarang ini harus
lebih kreatif lagi dalam mencari pekerjaan.
Lingkungan saya merupakan daerah yang agraris, masih banyak lahan pertanian
dan lahan pertanian tersebut banyak digunakan untuk menanam pohon pisang karena
kondisi tanah tersebut sangat cocok sekali untuk penanaman pohon pisang, namun
pisang bukanlah kebutuhan pokok di daerah saya maka ketika mereka panen mereka
kebingungan akan menjual pisang ini kemana, saya semakin prihatin dengan
kondisi seperti itu, karena itu merupakan satu - satunya lahan pertanian yang
bisa mereka jadikan sebagai mata pencahariannya.
Dengan melihat kondisi seperti itu saya akan membuat sebuah usaha yang
pastinya dapat membantu kesulitan - kesulitan yang sedang terjadi di daerah
saya yaitu dengan membantu masyarakat yang mempunyai lahan pertanian pohon pisang
dan juga membantu masyarakat yang tidak mempunyai pekerjaan. Saya akan membuat
keripik pisang, dengan seperti itu para petani yang menanam pohon pisang tidak
akan lagi kebingungan untuk menjual hasil panennya dan dengan saya membuat
keripik pisang ini saya juga dapat menarik tenaga kerja sehingga angka
pengangguran dapat berkurang.
Pada saat ini banyak orang yang serba ingin praktis dalam makanan. Maka
dari itu saya akan membuat keripik pisang ini dengan pembuatan yang berbeda
agar orang yang menyukai makanan ini tidak merasa bosan karena banyaknya
kalangan masyarakat yang menyukai cemilan ini, maka saya akan berusaha
memberikan kualitas dan mutu yang baik yang harganya relatif murah bagi semua
kalangan masyarakat.
B. Alasan
Pisang merupakan tumbuhan tropis yang biasa hidup di dataran rendah
maupun di dataran tinggi. Sehingga banyak terdapat di berbagai daerah dan mudah
mendapatkannya. Keripik pisang merupakan salah satu makanan jajanan yang
sangat disukai oleh masyarakat. Cara pembuatannya sangat sederhana dan mudah
dikerjakan oleh siapa pun. Dari pemahaman akan dunia usaha, sangat
diharapkan produk yang sebaiknya dihasilkan untuk dapat bersaing dan diterima
oleh kalangan masyarakat. Oleh karena itu, saya lebih memilih usaha untuk pengolahan
keripik pisang. Karena usaha ini terbilang mudah dan cepat di terima oleh
masyarakat. Karena keripik pisang sudah tidak asing lagi menjadi makanan ringan
yang gurih dan enak ini di kalangan masyarakat, sehingga orang pun tak akan
bosan untuk terus mencoba keripik pisang. Dari produk keripik pisang ini, saya
akan menjamin kualitas produk ini. Dari kualitas ini saya dapat melihat bagus
atau tidaknya keberhasilan dalam pengenalan wirausaha dari produk ini. Nantinya
produk yang dihasilkan dapat menjadi produk yang berkembang dalam lingkungan
masyarakat.
Bukan hanya itu saja, saya juga melihat bahwa dalam proses pembuatan
keripik pisang ini sangatlah mudah maka semua kalangan masyarakat pasti bisa
membuatnya, dengan seperti itu saya tidak akan kesulitan dalam mencari tenaga
kerja untuk membantu saya dalam proses pembuatan keripik pisang ini.
Karena pisang merupakan bahan utuma dalam pembuatan keripik pisang ini maka
saya akan memilih kualitas dan mutu pisang yang baik. Dalam pembuatannya
pun mudah dan sederhana sehingga tidak mengurangi kualitas dan mutu
produk. Selain itu juga saya akan melakukan pengemasan pada keripik pisang
yang sudah di produksi dengan kemasan yang sederhana tetapi tidak
mengurangi nilai dan rasa dari keripik pisang ini. Keripik pisang dapat menjadi
salah satu alternanif makanan ringan yang praktis, dan hemat.
C. Tujuan
Adapun tujuan saya di dalam membuat usaha (makanan) ini adalah :
1. Untuk memenuhi kebutuhan ekonomi
2. Untuk menambah daya tampung tenaga kerja
sehingga dapat mengurangi angka pengangguran.
3. Dapat membantu para petani yang menanam
pohon pisang
4. Memasarkan produk hasil olahan kepada
masyarakat sekitar
5. Memperkenalkan hasil olahan sendiri agar
masyarakat mengetahui bahwa keripik pisang ini mempunyai nilai cita rasa yang
tinggi.
BAB II
PERENCANAAN PEMASARAN
A. Target pasar
Semua proses produksi telah dilakukan, dari mulai pemilihan pisang yang
baik sampai kepada packing, kemudian yang akan saya lakukan yaitu mencari
target pasar. Dalam memulai usaha apapun, maka yang harus diketahui adalah
peluang pasar yang dapat menerima produk saya ini. Target pasar sudah merupakan
kunci penting dalam proses pemasaran karena pemasaran akan berjalan dengan
lancar apabila sudah mendapatkan target pasar yang kita inginkan.
Sistem pemasaran saya akan mampu menganalisa keunggulan dan kelemahan pesaing
saya dan sejauh mana kemampuan saya untuk bersaing dengan mereka dalam segala
aspek, baik itu dari sisi harga, pelayanan maupun kualitas yang saya berikan
kepada para konsumen. Saya akan mensurvei dan meneliti pesaing - pesaing saya
bagaimana caranya membuat keripik pisang ini agar berbeda dengan keripik pisang
lainnya yang sudah beredar di pasaran. Bukan hanya rasanya saja yang berbeda
namun saya akan membuat keripik pisang ini berbeda dari segi packing, dan cara
pemasarannya juga, yang pasti akan lebih unik dari pada yang lainnya, dengan
seperti itu para konsumen tidak akan mengalami yang namanya kejenuhan dalam
mengkonsumsi makanan ini.
Saya akan menjual keripik pisang ini di tempat yang cukup ramai, yang
banyak dikenal dan dilalui banyak orang, dengan seperti itu maka keripik saya
ini akan lebih cepat dikenal banyak lapisan masyarakat.
B. Promosi
Promosi makanan yang cepat laku adalah pada tempat
ramai seperti pasar, sekolah, kampus, kantor, itu adalah tempat yang paling
strategis untuk mempromosikan barang dagangan. Berikut ini adalah beberapa
cara promosi makanan yang akan saya lakukan :
1. Pertama adalah lewat
brosur, cara ini cukup efektif untuk memperkenalkan makanan yang saya jual,
biasanya makanan sampai di konsumen melalui pesan antar atau sering disebut
delivery.
2. Melakukan penjualan
langsung, cara ini lumayan efektif karena langsung bertemu dengan pembelinya
dan bisa langsung promosikan makanan yang di jual.
3. Melalui internet cara
ini efektif walau tak semua orang memakai internet tapi cara ini cukup memberikan
informasi yang lebih kepada orang karena saat ini orang banyak membuka internet
seperti facebook, twetter, yahoo, google dan lain - lain, tak ada salahnya bila
dicoba.
4. Melalui iklan radio,
cara ini cukup lumayan walau tak ada gambar visual yang dapat terlihat tapi
setidaknya pesannya dapat tersampaikan kepada masyarakat.
C. Tips pemasaran
ØTips sukses berdagang
1. Tetapkan impian
(carilah impian yang sesuai dengan hobi dan kemampuan) atau menjual produk
sesuai dengan kebutuhan pasar, diperlukan riset dahulu dengan membaca koran
atau membuka buka internet.
2. Cari tahu tentang
bisnis itu (bahan baku, pemasaran, cara produksi)
3. Turun ke lapangan dan
perkenalkan produk
4. Cari pengusaha yang
sukses di bidang sejenis untuk sharing informasi
5. Buat merek-logo produk
6. Silaturahim dengan
dinas, departemen, kementrian terkait. Serahkan kartu nama, foto produk, dan
company profile
7. Bermitra dengan bumn
atau perusahaan swasta yang sudah memiliki manajemen, usaha berjalan minimal 2
tahun dan sertakan proposal.
8. Perbaiki diri, perkuat
branding, tingkatkan pelayanan, profesional, dan perluas pemasaran
9. Berdoa dan bersedekah,
ini adalah kunci sukses yang sering di lupakan orang
Ø Swot
v Strengths (kekuatan)
ü harga keripik pisang ini cukup terjangkau oleh kalangan masyarakat
ü kualitas dari keripik pisang ini sangat terjamin, karena dalam proses
pembuatannya diutamakan kebersihan dan untuk kesehatan.
ü tersedia kemasan berbagai ukuran
ü keripik pisang ini mempunyai rasa yang gurih dan enak
ü keripik pisang dapat menjadi salah satu alternanif makanan ringan yang
praktis, dan hemat.
v Weakness (kelemahan)
ü Bahan baku keripik pisang yang mudah rusak
ü Keripik pisang akan mudah rusak jika penyimpanan yang dilakukan sembarangan
atau ditumpuk
v Opportunity (peluang)
ü Kondisi masyarakat yang semakin konsumtif sehingga mempermudah saya untuk
memasarkan produk.
ü Permintaan pasar yang semakin meningkat
v Threats (ancaman)
ü Jumlah kompetitor yang terus meningkat
ü Munculnya produk baru yang lebih unggul
ü Kenaikan harga bahan baku karena jumlahnya semakin terbatas
BAB III
PROSES PEMBUATAN
Proses pembuatan keripik pisang ini cukup mudah dan sederhana, dalam proses
pembuatannya dibutuhkan alat - alat dan bahan - bahan. Setelah alat dan
bahannya telah siap maka proses pembuatannya pun dapat dilakukan. Alat - alat
dan bahan - bahan pembuatan keripik pisang ini sederhana dan mudah didapatkan,
tak lupa juga proses pembuatan keripik pisang ini mudah dan sederhana sehingga
hampir semua lapisan masyarakat dapat membuatnya.
A. Alat dan bahan
Alat - alat yang digunakan dalam proses pembuatan keripik pisang ini
diantaranya adalah :
1. Penggorengan (wajan)
dan perlengkapan penggorengan lainnya digunakan untuk dalam proses
penggorengan.
2. Parutan pisang atau
pisau digunakan untuk memotong pisang
3. Tungku, penggunaan
tungku karena agar dalam proses penggorengan dapat menghasilkan panas api yang
cukup, karena jika menggunakan kompor gas bukan hanya karena boros saja
melainkan api yang dihasilkannya pun kurang.
B. Bahan-bahan
Bahan-bahan yang digunakan dalam proses pembuatan keripik pisang ini adalah
:
1. Pisang, secara umum
pisang yang sering digunakan dalam pembuatan keripik pisang ini yaitu pisang
nangka, karena pisang nangka apabila digoreng pisangnya dapat kering disbanding
dengan pisang - pisang lainnya.
2. Minyak goreng,
3. Garam.
C. Langkah - langkah atau
proses pengolahan
1. Langkah awal saya
yaitu memilih pisang yang muda untuk dijadikan produk.
2. Kemudian, garam
dicampurkan menjadi ke dalam wajan atau loyang yang berisi air bersih, lalu
diaduk sampai tercampur merata.
3. Selanjutnya, pisang
tersebut dikupas, diiris tipis - tipis dan dimasukkan ke dalam loyang yang
berisi larutan tadi.
4. Setelah itu, pisang
diangkat dari larutan dan dimasukkan ke dalam penggorengan yang berisi minyak
goreng, tetapi sebelum dimasukkan pastikan dulu minyak goreng telah panas.
5. Selama di dalam
penggorengan, pisang diaduk - aduk atau digerak - gerakkan agar semuanya
merata.
6. Apabila sudah kekuning
- kuningan, pisang dapat diangkat dari penggorengan dan ditiriskan dalam
beberapa menit. Tunggu hingga dingin, kemudian dikemas didalam kantong plastik
dan keripik pisang pun siap untuk dijual / dipasarkan.
BAB IV
PERENCANAAN BISNIS
Dalam berwirausaha tujuan yang paling utama ialah memperoleh
keuntungan. Keuntungan di sini tergantung pada apa yang kita hasilkan dan
bagaimana cara menjual produk tersebut. Dalam sehari saya dapat menghasilkan
dan menjual keripik pisang ini sebanyak 30kg dengan membutuhkan bahan baku
yaitu pisang sebanyak 50 kg, selain pisang yang sebagai bahan baku dari
pembuatan keripik pisang ini dibutuhkan juga minyak untuk melakukan proses
penggorengan dan yang dibutuhkan sebanyak 15 kg, agar rasa keripik pisang ini
gurih, renyah dan enak maka dalam proses pembuatannya dibutuhkan bumbu – bumbu
sebagai penyedap rasa dalam keripik pisang ini.
Dalam proses pembuatannya juga saya membutuhkan 3 orang sebagai tenaga
kerja untuk membantu saya dalam memproduksi keripik pisang ini, dan setelah
keripik pisang ini matang maka langkah selanjutnya adalah pengemasan maka saya
membutuhkan kemasan untuk mengemas keripik pisang ini sebagai biaya pembungkus,
setelah semuanya sudah siap maka keripik pisang tersebut tinggal dipasarkan /
dijual, dengan itu maka saya membutuhkan biaya transportasi.
Adapun harga - harga dari bahan - bahan pembuatan keripik pisang dan biaya
- biaya yang akan keluar dalam produksi keripik pisang ini yaitu :
1
|
Pisang
|
Rp. 4.000
/ Kg
|
2
|
Minyak
|
Rp. 10.500
/ Kg
|
3
|
Bumbu
|
Rp. 10.000
|
4
|
Tenaga
Kerja
|
Rp. 20.000
/ Orang
|
5
|
Biaya
Pembungkus
|
Rp. 10.000
|
6
|
Biaya
Transportasi
|
Rp. 10.000
|
7
|
Lain -
Lain
|
Rp. 10.000
|
Adapun perhitungan rugi / laba selama
proses produksi hingga proses pemasaran keripik pisang ini, dari mulai modal 1
hari, 1 minggu hingga 1 bulan dan laba yang diperoleh selama 1 hari, 1 minggu
hingga 1 bulan yaitu sebagai berikut :
Ø Pisang 50
kg x Rp.
4.000 = Rp.
200.000
Ø Minyak 15
kg x Rp.
10.500 = Rp.
157.500
Ø Bumbu = Rp. 20.000
Ø Tenaga kerja 3
x Rp. 20.000 = Rp. 60.000
Ø Biaya
pembungkus = Rp. 10.000
Ø Biaya
transportasi = Rp. 10.000
Ø Lain –
lain = Rp. 20.000 +
Rp.
477.500,-
Harga jual keripik pisang ini =
Rp. 20.000 / kg
Maka dalam sehari =
30 x Rp. 20.000 = Rp.600.000
Jadi labanya = Harga
Jual – Modal
600.000 –
477.500
= Rp. 122.500 / hari
Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
& Modal
§ Modal dalam 1
hari
Rp. 477.500
§ Modal dalam 1
minggu Rp. 3. 342.500
§ Modal dalam 1
bulan Rp.
14.325.000
& Laba
§ Laba dalam 1 hari
Rp. 122.500
§ Laba dalam 1
minggu
Rp. 857.500
§ Laba dalam 1
bulan
Rp. 3.675.000]
0 komentar:
Posting Komentar